Author:
• Monday, November 06th, 2017

Apa seh doa yang dibaca saat menyembelih hewan akikah? Apakah juga harus menghadirkan bayi saat penyembelihan hewan akikah dilaksanakan?

Yang disyari’atkan ketika akikah sama seperti yang disyari’atkan pada kurban. Ada tuntunan membaca:

  • Bismillah
  • Takbir, Allahu Akbar
  • Akikah min.. (sebutkan nama anak yang akan diakikahkan)

Dasar dari hal ini adalah hadits dari Al-Baihaqi dan selainnya.

Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengakikahi Al-Hasan dan Al-Husain dengan dua ekor kambing pada hari ketujuh dan diperintahkan agar rambut kepalanya dicukur. Lalu beliau berkata, sembelihlah atas namanya, ucapkanlah “Bismillah wallahu akbar. Allahuma laka wa ilaik. Hadzihi akikah fulan.” (Dengan nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, ini milik-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah akikah untuk si fulan.”)

Dalam riwayat Ibnu Abi Syaibah dalam mushannafnya, sebagaimana dalam kurban (udhiyah) dibacakan bismillah, maka dalam akikah juga demikian dibaca bismillah, akikah fulan (disebut nama bayi nya).

Dan kehadiran yang akikah saat penyembelihan hewan akikah tidak menjadi syarat. Karena tidak dicontohkan baik oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum hal yang seperti itu.

Sumber: https://rumaysho.com/14233-doa-yang-dibaca-ketika-menyembelih-aqiqah.html

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply