Author:
• Friday, April 02nd, 2010

Pada prisipnya kondisi sering buang angin (kentut) sama dengan perihal orang yang menderita beser, yaitu masuk dalam kategori keadaan tidak normal, sehingga mendapat perlakuan khusus dalam hukum Islam.

Melihat dari judul diatas, jika masih dapat merasakan ketika buang angin. Setiap berapa menit sekali buang anginnya? Maka upayakan ketika menunaikan sholat sesuai dengan kebiasaan berapa lama anda dapat menahan kentut. Jika dapat menahan kentut sampai 3 menit, maka waktu selama itu sudah sangat cukup untuk menunaikan shalat.

Mengenai membaca Al Quran, selama anda mampu setiap kali buang angin berwudhu, maka lakukan. Tetapi kalau tidak, misalnya karena terlalu sering kentutnya, atau tempat wudhunya jauh sehingga sangat memberatkan, maka tidak mengapa. Karena masalah memegang dan membaca Al Quran bagi orang yang berhadats kecil masih ada perbedaan antara ulama fiqih. Demikian pula dengan i’tikaf, tidak diharuskan dalam keadaan suci dari hadats kecil. Anda tetap dapat berzikir dan melakukan aktifitas lain.

Namu apabila anda sudah tidak kuat lagi dapat merasakan ketika buang angin, sehingga anda tidak tahu ketika anda mengeluarkan angin. Maka cukup setiap kali hendak sholat atau membaca Al Quran anda berwudhu. Dan selama anda shalat (baik sendiri maupun jamaah) yakin saja bahwa anda tidak buang angin dan teruskan sholat hingga selesai, toh anda juga tidak dapat merasakannya. Dan nanti apabila waktu sholat berikutnya telah masuk, anda harus berwudhu kembali.

Wallahu a’lam bi al-shawab

Sumber: H.M.Rahmatullah, LC

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses

  1. 1
    fia 

    assalamu’alaikum warahmatullah

    ada yang pernah menasehati ,” Ketika tengah shalat wudhu batal maka wudhulah untuk kali kedua, jika ternyata engkau batal lagi tidak perlu berwudhu lagi. Apakah pendapat ini benar? Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan seperti itu?”

    apakah jika batal 2-3 sudah termasuk yang berhak mendapat keringanan? syukron

  2. 2
    Danial Holimin 

    Lebih dari 3 x buang angin ga usah wudu lagi

Leave a Reply