Author:
• Wednesday, February 22nd, 2012

Jika anda menderita darah rendah maka makanlah sate kambing, begitulah banyak orang berkelakar akan manfaat daging kambing. Tetapi bagi yang memiliki tekanan darah tinggi berhati-hatilah dengan kambing.

Daging kambing ternayata lebih menyehatkan ketimbang jenis daging lainnya. Dalam 100 gram daging kambing terdapat 154 kalori, 9.2 mg lemak, 3.6 mg lemak jenuh. Selain itu, daging kambing juga salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium terbaik. Namun, lemak kambing justru memiliki persentase kolesterol lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam atau sapi. Maka itu, lebih baik mengonsumsi daging kambing yang berusia dibawah 6 bulan meski harganya mungkin sedikit lebih mahal.

Rata-rata bagi yang memiliki penyakit darah rendah, dianjurkan 2 hari sekali untuk memakan sate kambing, terutama bagian hatinya beberapa tusuk untuk meningkatkan tekanan darah. Memang belum ada uji medis tentang hal tersebut, tetapi telah banyak bukti bahwa memakan daging kambing dapat meningkatkan tekanan darah.

Torpedo kambing juga banyak diburu kaum lelaki karena khasiatnya untuk meningkatkan potensi seksual. Tetapi untuk masalah vitalitas seksual ini tidak hanya torpedo kambing saja, banyak yang meyakini bahwa empedu kambing juga cukup berkhasiat. Perbedaannya adalah, jika topedo harus dimask/disate, sedangkan empedu harus ditelan mentah-mentah. Bahkan mengonsumsi empedu kambing juga dapat menyembuhkan penyakit malaria. Dalam beberapa buku pengobatan Cina, memang terdapat empedu untuk mengobati malaria, misalkan empedu ular. Akan tetapi ternyata empedu kambing juga memiliki khasiat yang sama dengan empedu ular.

Ada satu lagi khasiat dari kambing yang perlu diketahui, yaitu susu. Susu kambing terutama jenis kambing etawa, memiliki banyak kelebihan dibanding dengan susu hewan pemamah biak yang lain. Susu kambing mengandung Flourin yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dar pada susu sapi dan bersifat anti bakteri,  memiliki protein, lemak yang mudah dicerna, sodium (Na), fosfor (P), serta kandungan kalsium (Ca) yang tinggi.

Susu kambing sangat baik bagi penderita penyakit kulit, seperti eksim serta gatal-gatal. Tidak hanya itu, susu kambing juga dapat mengembalikan kesehatan seorang ibu yang baru melahirkan, menyembuhkan pendarahan sesudah melahirkan, memulihkan zat besi sesudah haid, menyembuhkan penyakit kurang darah, menghambat kerapuhan tulang (osteoporosis), mengatasi penyakit TBC dan asma, bahkan mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, menyembuhkan asam urat tinggi serta kelainan ginjal yang disebut Nepbratic Syndrom.

Sumber: Buku Ensiklopedi Binatang Penyembuh oleh Astri D Hadi

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses

  1. 1
    Ewinsyah 

    Terimakasih manfaat informasinya gan, soalnya aku termasuk yg berdarah rendah…

  1. […] pernyataan dari Ibnu Hazm bahwa penyebutan domba atau kambing dalam hadits-hadits menunjukkan tidak bolehnya aqiqah dengan selain domba atau kambing, maka […]

  2. […] Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang memadai dan untuk anak perempuan satu ekor […]

  3. […] Al-Baji berkata, “Tidak boleh bersekutu dalam aqiqah, maka dua orang anak tidak bolh di aqiqahi dengan satu kambing. Jika seorang wanita melahirkan dua anak kembar, maka masing-masing anak aqiqahnya satu kambing.” […]

Leave a Reply