Author:
• Saturday, February 10th, 2018

Mana yang lebih baik, dalam rangka melaksanakan acara akikah. Apakah akikah diadakan di tempat anak lahir atau dilaksanakan di tempat orang tua? Karena bisa jadi saat niatan untuk akikah si orang tua (bapak nya)  sedang berada di luar kota atau bahkan sedang di luar negeri.

Perkara mentransfer biaya ke tempat lain untuk akikah memang terdapat silang pendapat di antara para ulama, mana yang lebih afdhal antara keduanya. Namun tetap cara seperti itu masih dikatakan sah.

Ibnu Hajar Al-Haitami rahimahullah berkata bahwa akikah itu bisa disamakan seperti zakat fitrah, boleh-boleh saja dikeluarkan ke luar daerah/negeri. Namun pilihan terbaik adalah akikah disembelih di tempat orang tua nya berada, karena orang tua lah yang dituntut untuk melakukan akikah. Demikian disebut dalam Al-Fatawa Al-Kubra, 4: 257.

Sementara Syaikh Ibnu Jibrin rahimahullah menyatakan bahwa yang lebih afdhal hewan akikah disembeli di negeri anak tersebut berada.

Syaikh Jibrin rahimahullah juga ditanya apakah hewan akikah disembelih di negeri anak berada atau di negeri anak tersebut dilahirkan. Jawaban dari Syaikh rahimahullah, yang lebih afdhal akikah dilaksanakan di negeri anak tersebut berada. Jika orang tua  yang berada di tempat yang berbeda, biaya akikah nantinya bisa ditransfer lalu penyembelihannya bisa diwakilkan kepada orang lain. Lantas orang tua yang berada ditempat berbeda tersebut mendoa kan akikah tadi karena doa berkah sangat dibutuhkan oleh anak.

Syaikh Al-Bani rahimahullah ditanya, apakah disyaratkan akikah itu dilaksanakan ditempat anak tersebut dilahirkan. Jawaban Syaikh, tidak.

Penjelasan diatas diambil dari bahasan Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid di Fatawa Al-Islam Sual wa Jawab, no. 132524.

Sumber: rumaysho.com

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply