Author:
• Tuesday, August 03rd, 2010

Berikut adalah perbedaan antara sapi lokal dengan sapi impor:

Sapi Lokal

Jenis sapi lokal yang biasanya dipilih sebagai bakalan, yaitu sapi Bali, PO, dan sapi Madura. Berat awal sapi bakalan ini berkisar 200-300 kg dengan kisaran umur 1-2 tahun. Pertambahan berat badan rata-rata yang diharapkan adalah 0,5-1 kg/hari. Sapi bakalan lokal ini secara terbatas bisa dibeli di pasar-pasar ternak lokal. Namun, tidak mudah mendapatkan sapi bakalan lokal dengan ukuran dan umur yang seragam.

Sapi Impor

Sapi bakalan impor biasanya didatangkan dari negara Australia dan Selandia Baru. Jenis sapi yang didatangkan biasanya berasal dari jenis brahman cross atau australian comercial cross. Sapi ini memiliki berat dan umur yang seragam, serta pertambahan berat badan cukup tinggi yaitu 0,8-1,2 kg/hari. Berat awal sapi bakalan ini berkisar 300-350 kg dengan umur sapi 1-2 tahun. Namun, sapi bakalan ini biasanya diimpor dalam jumlah cukup besar. Karena itu, peternak menyiasati pembelian bakalan dalam jumlah sedikit melalui Persatuan Pengusaha Sapi Potong Indonesia.

Sumber : Petunjuk Praktis Menggemukkan Domba, Kambing, dan Sapi Potong

Category: Artikel Sapi  | Tags: ,
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply