Author:
• Saturday, February 06th, 2010

Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta adalah pasar yang besar untuk produk daging. Konsumsi daging setiap tahunnya meningkat sebesar 4,2% per kapita. Kebutuhan ini semakin tinggi dengan adanya permintaan daging kurban pada hari Raya Idul Adha. Peningkatan konsumsi daging tersebut belum dapat diimbangi oleh peningkatan produksi. Apalagi, konstribusi daging ruminansia kecil pada konsumsi daging nasional hanya sebesar 6%.

Ternak hewan ruminansia berukuran kecil seperti kambing memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan sebagai sumber pedaging. Beberapa keuntungan beternak kambing, di antaranya hewan ini mudah beradaptasi dengan lingkunagn, dapat dipelihara di daerah kering (marjinal), kebutuhan modal lebih rendah dibandingkan hewan ternak ruminansia besar seperti sapi dan kerbau.

potensi ternak kambing

Untuk memenuhi kebutuhan daging kambing pada masa yang akan datang, salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan ternak kambing secara konsepsional. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi peternak, yaitu kurang lengkapnya informasi pasar akan sumber bibit yang bagus, cara beternak kambing yang benar, serta belum dimanfaatkannya potensi kambing, potensi pasar, dan potensi sumber daya manusia secara optimal.

Sumber: Buku Petunjuk Praktis Menggemukkan Domba, Kambing, dan Sapi Potong

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses

  1. 1
    ramdoni 

    berapa harga perekor’a kambing di pasaran . dan apa saja manfaat’a yang bisa diperoleh dari kambing

  2. 2
    Ridwan 

    Banyak banget manfaat dari Kambing yang bisa diperoleh. Susunya dan yang pasti daging kambingnya sendiri. Untuk harga pasaran sangat variatif, tergantung jenis kambingnya. Untuk harga kambing yang biasa kami gunakan untuk jasa akikah bisa dilihat di daftar harga kambing. terima kasih atas kunjungannya

  3. 3
    erriel 

    jenis kambing apa yg bagus di kembangkan sesuai dgn tinjauan ekonomis, dan berapa keuntungan di peroleh per tahun bila beternak 10 ekor kambing betina dan 2 jantan?…
    dan kambing umur berapa thn yg sudah bisa utk akikah?..
    terima kasih atas jawabannya…

Leave a Reply